Menu

Nasi Tumpeng Perayaan 17 Agustus

Monday, August 10th 2020.

Nasi Tumpeng Perayaan 17 Agustus–  Nasi tumpeng identik dengan perayaan penting di Indonesia termasuk 17 Agustus. Biasanya nasi tumpeng dihidangkan dengan berbagai lauk di atas tampah atau wadah pipih terbuat dari anyaman bambu.

Baca juga: Rekomendasi Nasi Tumpeng Enak Di Jakarta

Dr Ari Prasetiyo, S.S., M.Si., dosen Sastra Jawa Universitas Indonesia menjelaskan sejarah sampai makna nasi tumpeng terutama pada perayaan hari Kemerdekaan Indonesia pada Kompas.com.

Nasi Tumpeng Perayaan 17 Agustus

Nasi Tumpeng Perayaan 17 Agustus1. Puncak Mahameru dan konsep Ketuhanan

Nasi tumpeng punya makna sebagai representasi antara hubungan manusia dengan Tuhan dan manusia dengan sesamanya.

Hal itu berkaitan dengan nasi tumpeng yang berbentuk kerucut jadi representasi dari puncak gunung atau konsep Ketuhanan.

Dalam Kitab Tantupanggelaran (kitab dari zaman Majapahit) diceritakan saat Pulau Jawa berguncang, Batara Guru dalam konsep Hindu memerintahkan membawa puncak Mahameru di India untuk menstabilkan Pulau Jawa dan jadilah Gunung Semeru di Jawa Timur.

Puncak Mahameru itu yang kemudian dipercaya jadi letak para Dewa. Manusia pun memahami konsep Ketuhanan sebagai sesuatu yang besar dan tinggi, serta berada di puncak, seperti halnya puncak gunung.

Makna nasi tumpeng tersebut itulah yang dianggap bisa jadi simbol sujud syukur, merayakan sesuatu, dan permohonan terhadap Tuhan.

2. Nasi tumpeng di acara selamatan dan syukuran

“Nasi tumpeng biasanya ada di acara selamatan dan syukuran. Terkadang kita rancu dengan dua kata itu, tetapi sebenarnya keduanya berbeda,” kata Ari.

Perbedaan keduanya, kata Ari, kata ‘selamatan’ merujuk pada sesuatu yang belum dikerjakan. Sementara kata ‘syukuran’ merujuk pada sesuatu yang sudah terjadi dan disyukuri.

“Misalnya Indonesia sudah merdeka, itu syukuran. Sedangkan selamatan misalnya meminta keselamatan bagi Indonesia ke depannya. Konsep bersyukur dan meminta apa pun selalu berkaitan dengan Tuhan,” terang Ari.

3. Makna nasi tumpeng dalam perayaan Kemerdekaan Indonesia

Ia juga menjelaskan, kenapa nasi tumpeng bisa jadi elemen penting dalam perayaan Kemerdekaan RI misalnya. Manusia, dalam hal ini masyarakat Indonesia, bersyukur atas kemerdekaan yang dinikmati.

Selain itu, manusia juga memohon agar Indonesia selalu dalam keadaan aman, sentosa, sejahtera, murah sandang pangan, dan lepas dari bencana. Tumpeng ini jadi representasi Ketuhanan.

 

sumber : https://www.kompas.com/food/read/2020/08/10/111100075/3-fakta-nasi-tumpeng-yang-identik-dengan-perayaan-17-agustus

Madriga Tumpeng

Related Article Nasi Tumpeng Perayaan 17 Agustus

Wednesday 27 May 2020 | Nasi Tumpeng

Pesan Nasi Tumpeng Di Cengkareng Jakarta Barat – nasi tumpeng adalah makanan tradisional yang enak dan lezat tentunya. nasi tumpeng sangat anda perlukaan untuk acara-acara anda. Secara…

Tuesday 12 November 2019 | Nasi Tumpeng

Pesan Nasi Tumpeng Bekasi Timur Pesan Nasi Tumpeng Bekasi Timur -Bekasi Timur merupakan salah satu wilayah bekasi yang cukup padat penduduknya,Bagi anda yang berada di…

Thursday 1 March 2018 | Nasi Tumpeng

Pesan Nasi Tumpeng di Jatinegara Jakarta Timur – 0811-8888-653  https://madriga.com/ Masyarakat Indonesia pastinya familiar dengan menu makanan yang satu ini nasi tumpeng namanya, saat mendengar…